Rahasia Sukses: Membangun Kehadiran Online yang Menguntungkan dengan Toko Online Shopee

Jasa pembuatan toko online di Shopee menjadi solusi tepat bagi Anda yang baru memulai bisnis e-commerce. Terlebih, bagi beberapa orang, membuat dan mengelola toko online bukanlah perkara mudah. Nah, disinilah peran jasa pembuatan toko online akan dibutuhkan.

Melalui penggunaan jasa tersebut Anda bisa menghemat waktu dan pastinya menghasilkan toko online yang berkualitas. Hal itu lantaran mereka sudah memiliki pengalaman serta pengetahuan terkait cara mengelola toko online.

Namun, sebelum itu apa, sih, alasan kita memilih platform Shopee sebagai media toko online-nya? Mari baca ulasan berikut dan temukan jawabannya di sana!

Alasan Pilih Jasa Pembuatan Toko Online di Shopee

Shopee merupakan satu dari sekian aplikasi e-commerce di Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah secara online. Melalui tampilannya yang sederhana, Shopee menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam berbelanja tanpa harus memakai perangkat komputer.

Popularitas Shopee sebagai platform belanja online juga tentunya tak lepas dari beragam fitur dan promosi menarik yang mereka sediakan. Sebut saja, seperti fitur gratis ongkir se-Indonesia, garansi 100% original, transaksi aman, serta promo dan flash sale harian. Tak hanya itu, logo Shopee yang berwarna orange pun ikut memberikan kesan hangat membuat orang mudah mengenalinya.

Di sisi lain, tim desain UI/UX juga turut mengambil peran penting dalam pengembangan Shopee. Mereka bertanggung jawab atas identitas visual, elemen desain serta penyempurnaan pengalaman pengguna melalui berbagai fiturnya. Sementara itu, tim Business Development and Partnership terus mencari peluang bisnis guna meningkatkan daya tarik terhadap platform.

Berangkat dari penjelasan di atas, sudah jelas bukan jika Shopee memang lah platform belanja online terpercaya? Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera mendaftarkan diri sebagai bagian dari toko online Shopee.

Akan tetapi, bagaimana dengan jasa pembuatan toko online-nya, apa yang harus Anda pilih? Tenang, tidak perlu bimbang, sebab Anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online di Shopee dari MEA Digital Marketing. Berikut detail informasi MEA untuk Anda.

MEA Pilihan Tepat Jasa Pembuatan Toko Online

MEA adalah agensi digital marketing yang hadir sejak tahun 2020 dan kini telah sukses mengelola lebih dari 700 UMKM di Indonesia. Tentunya sebagai agensi digital marketing, MEA terus melakukan inovasi dalam pengembangan teknologi guna membantu kemajuan UMKM dan para pelaku bisnis e-commerce.

Sejalan dengan hal tersebut, MEA pun menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai bisnis, terutama yang digital. Hal itu lantas membuat MEA merancang platform edukasi berbasis daring maupun luring di bawah payung “SkilSkul Academy”. Adapun 3 jenis produk utama yang MEA luncurkan, yaitu:

  • Tools digital marketing: Shopeasy Tools, Sebari dan Gowebin.
  • Platform edu-tech SkilSkul Academy: webinar, mini workshop, workshop dan bootcamp.
  • Jasa digital marketing: pembuatan toko online di platform e-commerce, optimasi marketplace, sosial media, affiliate marketing dan digital advertising.

Nah, di antara 3 produk tersebut, jasa digital marketing menjadi hal yang Anda perlukan. Melalui produk itu Anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online di Shopee-nya untuk memulai bisnis e-commerce, bukan begitu? Jadi, jangan tunda lagi untuk segera menggunakan MEA Digital Marketing dan buat toko online Anda.

Kunci Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis E-commerce

Bagian ini akan membahas strategi yang bisa meningkatkan penjualan bisnis e-commerce Anda. Seperti kita ketahui, strategi bisnis itu sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja, sejumlah orang belum bisa mengoptimalkan strategi tersebut. Untuk itu, di bawah ini terdapat deretan faktor kunci dalam menjalankan bisnis online yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

BACA JUGA  Mengapa Anda Harus Memilih Jasa Pembuatan Toko Online di Shopee untuk Bisnis Anda

1. Optimalkan Inventory Management

Inventory management yang baik menjadi salah satu kunci dalam meraih kesuksesan bisnis e-commerce. Adapun beberapa tindakan yang bisa Anda ambil untuk mengelola inventaris dengan efisien dan efektif sebagai berikut.

Pertama, lakukanlah analisis serta peramalan permintaan hingga stok produk bisa Anda atur dengan tepat tanpa mengalami kelebihan maupun kekurangan yang signifikan. Kedua, sediakan sistem otomatis untuk pengelolaan persediaan. Hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan waktu dan upaya yang Anda butuhkan guna memantau serta mengatur stok produk.

Ketiga, Anda perlu menerapkan metode pengelolaan persediaan, misalnya Just-in-Time (JIT) atau first-in first-out (FIFO) dengan harapan bisa mengurangi risiko kerugian akibat kerusakan dan kadaluarsa produk. Apabila strategi ini berjalan dengan baik, kemungkinan besar penjualan dalam bisnis e-commerce pun Anda akan meningkat. Di lain sisi, pelanggan juga bisa mendapatkan pengalaman belanja yang lebih baik.

2. Efektif Mengelola Retail Sales

Jika ingin meningkatkan penjualan dalam bisnis e-commerce, penting bagi Anda untuk mengelola retail sales dengan baik. Hal tersebut meliputi;

Pertama-tama, Anda harus memonitor performa produk secara teratur, melihat produk mana yang paling laris dan perlu ditingkatkan. Selanjutnya, gunakan strategi harga yang kompetitif dan menarik, contohnya memberikan diskon khusus atau promo pada waktu tertentu.

Terakhir, mendiversifikasi produk yang Anda tawarkan. Strategi satu ini bisa Anda lakukan dengan menghadirkan varian atau opsi baru yang menarik bagi pelanggan.

3. Meningkatkan Customer Experience

Customer experience merupakan faktor krusial dalam menciptakan kesetiaan pelanggan dan peningkatan penjualan. Sebagai informasi, jika Anda merasa masih belum bisa menjalankan strategi dengan efektif, maka serahkan saja kepada jasa pembuatan toko online di Shopee, seperti MEA. Sebab mereka bisa membantu Anda menangani masalah penjualan produk dengan pengetahuannya, kurang lebih begini:

Mereka akan memastikan tampilan website dan user interface toko online Anda tetap menarik sehingga pelanggan merasa nyaman serta mudah dalam berbelanja. Kemudian mereka juga akan menyediakan beberapa konten informatif sekaligus persuasif mengenai produk. Hal itu tentu saja agar pelanggan memperoleh informasi yang mereka perlukan dan bisa mengubah perilakunya untuk membeli.

Berikutnya, penyedia jasa juga akan memberikan layanan pelanggan yang responsif dan ramah. Sehingga Anda tidak harus turun tangan langsung untuk menjawab pertanyaan dan mengatasi permasalahan pelanggan. Sebagai tambahan, Anda selaku pemilik toko online perlu memperhatikan pengiriman produk yang sat set dan aman, serta memudahkan pelanggan ketika proses pembayaran.

4. Shopee Live

Cara selanjutnya ini merupakan salah satu keunggulan dari platform toko oren yang tak lain, yaitu Shopee Live. Dengan memanfaatkan fitur Shopee Live Anda akan semakin mudah dalam membangun interaksi yang lebih dekat antara penjual dan calon pembeli.

Lebih lanjut, Live streaming ini memiliki tujuan utama untuk promosi produk, baik yang lama maupun baru, serta menjaring partisipasi penonton dalam penawaran eksklusif. Nah, menariknya, selain jasa pembuatan toko online di Shopee ternyata MEA juga menyediakan layanan live streaming untuk platform tersebut. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah lagi menyiapkan segala kebutuhan live streaming.

Melalui siaran langsung di Shopee peluang Anda untuk memperoleh omzet yang lebih tinggi daripada menjual produk dengan metode biasa pun makin terbuka lebar. Terlebih lagi, berdasarkan data SimilarWeb, Shopee menempati posisi pertama sebagai situs dengan jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia sepanjang 2023.

Keuntungan Shopee Live

Shopee Live menjadi solusi sekaligus wadah bagi pebisnis untuk memperluas usahanya, terutama yang skala kecil dan menengah lantaran mereka butuh lebih banyak pengenalan. Adapun penggunaan fitur di bawah ini mampu mendatangkan sejumlah keuntungan bagi Anda, antara lain:

BACA JUGA  Kunci Raih Kesuksesan Bisnis dengan Jasa Optimasi Shopee

1. Mendekatkan Relasi Pelanggan

Tak jauh beda dari fitur siaran langsung dalam platform e-commerce atau media sosial lain, Shopee Live juga memuat karakteristik khusus berupa komentar dan emoji. Oleh karena itu, Anda bisa tahu seperti apa partisipasi aktif serta reaksi dari penonton. Atau dengan kata lain, Shopee Live bisa meningkatkan keikutsertaan pelanggan sehingga akan merekatkan hubungan antara penjual dan pembeli.

2. Menerima Feedback Langsung

Lewat fitur Shopee Live, Anda akan menerima umpan balik secara langsung dari pelanggan terkait produk, layanan maupun pengalaman berbelanja mereka. Terlebih, penonton sesi live streaming tidak hanya datang dari calon pelanggan saja, melainkan juga oleh mereka yang sudah membeli produk. Lantas melalui kolom komentar, Anda bisa melihat beberapa ulasan pembeli tentang produk terkait.

3. Demonstrasi Produk Lebih Baik

Meskipun jasa pembuatan toko online di Shopee sudah menyisipkan deskripsi, cara penggunaan hingga manfaat produk di bagian laman e-commerce, nyatanya masih ada beberapa konsumen yang bingung. Untuk itu, live streaming sangat mereka perlukan guna membantunya agar lebih paham soal produk dan membuat keputusan pembelian yang bijak.

4. Membangun Kredibilitas dan Loyalitas

Berpartisipasi dalam Shopee Live secara teratur membuat Anda selaku pemilik usaha bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan terhadap pelanggan. Lalu, dengan begitu merek bisnis pun akan lebih kuat lantaran makin banyak pengguna Shopee yang mengingatnya. Brand awareness itu tadi akan menciptakan peluang daya jual yang lebih tinggi serta membangun komunitas tersendiri.

Cara Memaksimalkan Shopee Live

Bisa kita bilang berjualan melalui Shopee Live termasuk strategi yang cukup efektif untuk meningkatkan pendapatan dan keterlibatan pelanggan. Nah, berikut ini sejumlah trik cerdik untuk berjualan lewat siaran langsung di Shopee.

1. Jadwal Siaran Berdasarkan Kalender Promo Shopee

Seperti kita ketahui, aplikasi Shopee memiliki kalender sendiri yang mengindikasikan bahwa akan ada peluang kenaikan penonton atau pembeli. Misalnya saja, seperti periode promo Shopee Live Day, Shopee Mantul Sale atau yang paling dekat untuk saat ini, yaitu 12.12.

Jadi, pastikan Anda mengatur jadwal sesi live streaming secara konsisten dan sesuai dengan kalender Shopee, ya. Semakin konsisten siaran, maka bertambah tinggi pula brand awareness yang akan Anda peroleh. Di bawah ini ada sedikit rekomendasi dalam mengatur jadwal siaran langsung sebagai berikut.

  • Golden time: 1-4 siang atau 7-9 malam.
  • Golden days: hari kerja.
  • Durasi: 1-2 jam setiap sesi.

2. Tentukan Judul dan Cover Menarik

Pada umumnya, judul menjadi bagian yang paling pertama orang lihat sebelum akhirnya mengunjungi Shopee Live Anda. Jadi, sebisa mungkin pastikan Anda telah menggunakan judul serta cover yang menarik, ya.

Tetapi daripada ribet membuat judul dan cover menarik, akan lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan layanan live streaming dari jasa pembuatan toko online di Shopee pilihan. Sementara untuk konsep, setidaknya ada 2 macam, yakni:

Pertama soft selling, di sini Anda tidak perlu menyelipkan promo ataupun diskon dan cukup menggunakan bahasa keseharian saja. Lalu kedua hard selling. Berbeda dengan sebelumnya, hard selling Anda harus memasang promosi secara gamblang.

Kemudian pada bagian cover bisa Anda sematkan nama dan foto influencer atau host-nya untuk bagian judul serta cover sesi siaran langsung. Hal itu harapannya mampu menarik penonton untuk melihat. Selanjutnya, perhatikan penggunaan jumlah karakter judul live streaming, maksimal 40.

3. Jadilah Host Interaktif

Secara singkat, host berarti seseorang yang menawarkan produk menggunakan cara menyenangkan. Nah, sebagai pewara, tentunya host perlu menyampaikan pesan dengan baik dan membangun suasana yang akan membuat penonton nyaman. Adapun beberapa tips apik yang bisa Anda terapkan, jika tertarik untuk mencoba Shopee Live sendiri, yakni:

  • Pahami produk Anda secara menyeluruh.
  • Buat suasana live jadi santai dan tidak kaku.
  • Pastikan Anda aktif merespons penonton dengan membaca kolom komentar.
  • Gunakan bahasa tubuh dan perhatikan pemilihan kata yang ramah serta intonasi suara.
  • Adakan sesi giveaway agar penonton semakin tertarik untuk bergabung di live streaming sampai selesai.
BACA JUGA  Rahasia Tingkatkan Omzet dengan Jasa Optimasi Marketplace

4. Pilih Daftar Produk

Tentukan daftar produk apa saja yang akan Anda tampilkan selama live streaming. Misalnya saat Anda ingin launching produk baru, maka siapkan daftar barang tersebut untuk nanti ditunjukkan saat sesi live. Selain itu, pastikan juga jumlah stok produk cukup untuk pembelian. Bila perlu, tambahkan pula fitur tambah pada barang terkait untuk menampilkan daftar produk.

5. Bagikan Sesi Live ke Media Sosial

Seperti kita ketahui, media sosial memang belakang ini menjadi ranah untuk promosi produk secara optimal. Jadi, sebaiknya buatlah teaser atau informasi tentang live streaming untuk Anda unggah ke media sosial. Tak lupa sertakan juga gambar pendukung yang menarik dan informatif dengan durasi maksimal 1 menit.

Jika Anda terlalu sibuk untuk membuat teaser atau sekadar mengunggah informasi live, maka sekalian saja gunakan layanan lain dari jasa pembuatan toko online di Shopee pilihan. Contohnya seperti MEA yang juga melayani jasa foto dan videographer untuk membuat konten produk.

Setelah itu agar pengikut toko Anda tidak lupa dengan jadwal live-nya, manfaatkan fitur ‘Pengaturan Pengingat’ sebagai alarm pengingat. Aktifkan juga bagian ‘Beri Tahu Pengikut’ yang nantinya akan memunculkan notifikasi kepada pengikut Anda bahwa live streaming telah mulai.

Rekomendasi Media Sosial untuk Bisnis E-commerce

Di era digitalisasi sekarang ini, ada sejumlah platform media sosial yang menjadi favorit bagi bisnis e-commerce. Nah, berikut adalah sederet platform bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak kesuksesan toko online.

Pertama, ada aplikasi Facebook yang merupakan salah satu platform terbesar dan paling populer di dunia. Anda bisa memanfaatkan fitur seperti ‘Facebook Page’ atau ‘Facebook Ads’ untuk mempromosikan produk dan menjangkau konsumen potensial.

Kedua, yaitu Instagram yang memiliki jutaan pengguna aktif. Di sini pelaku bisnis e-commerce bisa membuat profil usahanya dan membagikan sejumlah konten untuk menarik minat pengguna.

Terakhir, yakni Twitter atau X. Ia merupakan platform yang sangat efektif, baik untuk promosi produk maupun berkomunikasi dengan pelanggan. Lewat fitur hashtag dan retweet-nya, Anda berpeluang untuk meningkatkan visibilitas brand.

Jadi, itu dia rekomendasi media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis e-commerce. Tetapi mungkin akan lebih bagus lagi jika meminta jasa pembuatan toko online di Shopee untuk memilihkan media promosi yang tepat, salah satunya seperti MEA Digital Marketing.

FAQ

1. Apa rahasia sukses membangun kehadiran online yang menguntungkan dengan toko online di Shopee?

Rahasia suksesnya adalah memanfaatkan fitur-fitur Shopee, seperti gratis ongkir, flash sale, dan Shopee Live, serta menggunakan jasa pembuatan toko online profesional. Dengan begitu, toko Anda bisa lebih menarik, terpercaya, dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

2. Apa keuntungan menggunakan jasa pembuatan toko online di Shopee?

Dengan jasa ini, Anda dapat memiliki toko online yang profesional, hemat waktu, dan dikelola oleh ahli berpengalaman.

3. Mengapa memilih Shopee sebagai platform toko online?

Shopee populer karena fitur menarik seperti gratis ongkir, promo harian, dan tampilan yang user-friendly.

4. Apa saja layanan yang disediakan jasa pembuatan toko online di Shopee?

Layanan meliputi pembuatan akun, optimasi toko, upload produk, hingga pengelolaan konten dan promosi.