Manfaatkan Jasa Live Shopee untuk Keuntungan Bisnis

Bagi siapa saja yang sedang menggeluti dunia bisnis pastikan mengenal lebih dekat apa itu jasa live Shopee. Pada dasarnya, layanan tersebut berguna untuk meningkatkan keuntungan dalam berbisnis. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Shopee merupakan salah satu platform marketplace populer saat ini.

Marketplace tersebut memiliki banyak fitur yang membantu penjual untuk menawarkan produknya. Salah satunya yaitu fitur live. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, bukan tidak mungkin bisnis bisa semakin maju dan berkembang.

Mengenal Jasa Live Shopee

Live merupakan salah satu fitur yang ada di marketplace Shopee. Fitur ini banyak penggunanya, baik itu dari kalangan penjual maupun pembeli. Banyaknya pengguna lantaran fitur ini memberi kemudahan dalam berkomunikasi atau berinteraksi selama penjualan. Dalam hal ini, penjual dan pembeli bisa merasakan atmosfer seperti tatap muka secara langsung. Lewat sesi live streaming, pembeli dan penjual bisa saling tanya jawab seputar produknya sebelum membeli. Dengan demikian, pembeli bisa lebih yakin untuk membeli produknya atau tidak.

Begitu pula dengan penjual. Melalui sesi live tersebut, penjual bisa menjelaskan produknya secara rinci. Mulai dari berat, warna, ukuran, bahan, model, spesifikasi dan lainnya. Dengan begitu, penjual dan pembeli bisa memenuhi kebutuhannya tanpa ada yang merasa rugi. Untuk itu, banyak yang lebih suka order produk lewat sesi ini.

Manfaat Jasa Live Shopee 

Dengan melakukan live di Shopee, sudah pasti bisa mendapatkan banyak manfaat atau keuntungan. Adapun sejumlah manfaatnya ialah sebagai berikut.

Meningkatkan Angka Penjualan 

Tak bisa kita pungkiri bahwa fitur live di Shopee mampu meningkatkan angka penjualan. Hal ini karena fitur tersebut cukup banyak peminatnya. Sebagian besar pembeli mengakses fitur ini lantaran ingin klaim voucher maupun poin. Banyak juga yang menyaksikan fitur live di Shopee lantaran ingin melihat lebih detail produknya. Lewat sesi live streaming, penjual juga kerap membagikan diskon ataupun cashback besar-besaran. Komunikasi antara pembeli dan penjual pun terasa praktis.

Hal inilah yang membuat sebagian besar pembeli tertarik mengambil keputusan untuk mendapatkan produknya lewat fitur tersebut. Keuntungan dalam menjalankan bisnis pun jadi semakin meningkat. Akan tetapi, ada banyak hal yang mempengaruhinya. Salah satunya yakni kualitas host yang membawakan sesi live streaming. Apabila hostnya berkualitas, tentu kian banyak produk yang berhasil terjual lewat jasa live Shopee. Untuk kualitasnya sendiri bisa terlihat dari banyak hal. Sebut saja kecakapan host. Host yang cakap dan responsif lebih mudah mencuri perhatian calon pembeli. Sebaliknya, host live yang kurang gesit membuat pembeli kabur seketika.

Berbicara soal kualitas host, penjual yang ramah akan lebih mudah menggaet pelanggan. Terlebih lagi jika pembawaannya luwes dan asyik.

Lebih Dekat dengan Pembeli 

Dengan memanfaatkan jasa live, maka bisa lebih dekat bersama pembeli. Lewat fitur live sendiri, pembeli memang bisa bertanya kepada penjual melalui kolom komentar. Bisa bertanya dengan mengetikkan komentar maupun klik Tanya yang ada pada tiap produk. Nantinya jasa live akan menjelaskan produk yang ingin diketahui oleh pembeli.

Jasa live juga akan menjelaskan pertanyaan apapun yang dilontarkan oleh pembeli. Karena fitur tersebut, pembeli merasa lebih dekat dengan penjual sehingga yakin terhadap kualitas produknya.

Keterikatan semakin kuat jika jasa live mampu memberikan respon yang cepat. Hal ini bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan oleh penjual selama sesi live.

Praktis

Penjual memang bisa merasa lebih praktis apabila live di Shopee. Hal ini karena hanya dengan online, penjual sudah bisa tersambung ke semua pelanggannya.

Penjual juga bisa fokus dengan aktivitas lainnya. Misalnya stok barang ataupun mengurus keuangan bisnis. Operasional bisnis pun jadi lebih maksimal.

Memperluas Jangkauan 

Dengan jasa live di Shopee, sebenarnya juga bisa memperluas jangkauan bisnis. Hal ini karena fitur live streaming sendiri memberikan dampak positif terkait pertumbuhan UMKM maupun brand lokal.

Dengan fitur tersebut, produk dari UMKM maupun brand lokal bisa semakin luas cakupan pelanggannya. Karena jangkauannya luas, peningkatan transaksinya juga bisa berlipat ganda.

BACA JUGA  10 Langkah-langkah Praktis untuk Mengoptimalkan Penjualan dengan Shopee Mall

Perbedaannya terlihat jelas apabila membandingkan hasil transaksi dari live streaming dan biasa. Poin yang satu ini sebenarnya juga ada kaitannya dengan kemudahan mengakses live streaming.

Untuk mengakses live streaming, calon pembeli hanya perlu klik live streaming yang ada di halaman Shopee Live. Kemudahan inilah yang mendorong sebagian besar calon pembeli mengakses fitur dan membeli di sesi tersebut.

Mendongkrak Citra Brand

Perlu disadari bahwa ternyata memanfaatkan jasa live juga bisa mendongkrak citra brand. Saat jasa live mampu memberikan hasil transaksi yang fantastis, sudah pasti popularitas brand melesat pesat.

Bukan tidak mungkin ada banyak pelanggan baru yang mendatangi lapak. Begitu pula dengan pelanggan setia yang pastinya selalu standby di lapak live streaming.

Meningkatkan Daya Tarik Produk 

Produk akan terlihat lebih menarik apabila ditampilkan melalui sesi live streaming daripada sekedar foto di laman marketplace. Hal ini karena interaksi dengan konsumen bisa real time lewat sesi tersebut.

Penjual pun bisa merasa lebih percaya diri saat menawarkan produknya. Tak heran jika banyak produk yang berhasil ludes terjual karena memanfaatkan jasa live.

Fleksibilitas Waktu 

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa memanfaatkan jasa live tidak membuang banyak waktu. Memanfaatkan jasa ini sama saja bisa merasakan fleksibilitas waktu.

Penjual tidak perlu meninggalkan rumah maupun keluarga tercinta untuk menawarkan dagangannya. Fleksibilitas waktu semakin terasa jelas apabila mampu manage tim dengan baik.

Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan 

Penggunaan jasa live tidak hanya menguntungkan diri sendiri sebagai penjual, melainkan juga orang lain. Hal ini karena jasa live mampu mendongkrak angka penjualan sehingga membutuhkan semakin banyak tim untuk menanganinya.

Karena hal itu, bukan tidak mungkin bisa membuka lapangan pekerjaan untuk membantu perekonomian orang lain. Misalnya saja lapangan pekerjaan untuk tim operasional.

Membangun Loyalitas Penonton 

Jangan ragu untuk memanfaatkan jasa live agar mendapatkan keuntungan bisnis yang semakin melimpah. Sudah bukan rahasia lagi karena jasa live ini memang mampu membangun loyalitas penonton.

Apalagi jika rutin menjadwalkan sesi live dengan baik. Penonton setia pastinya menunggu untuk menyaksikan sesi live tersebut.

Begitupun dengan penonton baru. Saat pertama kali menonton dan mendapatkan kesan positif, tentunya tidak ragu untuk menyaksikan sesi live streaming berikutnya.

Biaya Efisien 

Penjual bisa melakukan live di Shopee tanpa perlu mengkhawatirkan soal biayanya. Hal ini karena biaya layanan live di marketplace tersebut terbilang efisien. Dengan begitu, penjual tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menggunakan fitur ini. Justru nantinya penjual bisa mendapatkan penghasilan menggiurkan saat memanfaatkannya.

Hal ini tentu berbeda dengan penjualan secara tatap muka langsung. Biaya yang harus dikeluarkan tentu saja lebih besar dan menguras isi kantong. Misalnya saja biaya untuk transportasi seperti membeli bahan bakar, membayar ongkos kendaraan umum atau tarif parkir. Belum lagi biaya untuk sewa atau membeli tempat lapak. Apabila tak memiliki tabungan, tentu membuat bisnis jadi sulit berkembang. Hasil yang didapat dengan menjual secara langsung juga kurang efektif.

Tidak Ada Limit Penjualan 

Penjual bisa leluasa menawarkan produknya lewat sesi live streaming. Hal ini karena live di Shopee tidak memberlakukan batasan atau limit selama penjualan.

Tidak adanya limit ini berlaku pada produk maupun jasa. Oleh karena itu, penjual bisa lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan selama berbisnis.

Keuntungannya pun tak hanya bisa dirasakan oleh penjual saja, namun juga pembeli. Hal ini karena hanya dengan mengakses satu platform saja, pembeli sudah bisa temukan beragam produk sekaligus.

Bahkan pembeli juga bisa membandingkan satu produk dengan produk lainnya secara mudah. Pembeli pun bisa memiliki produk yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

Aksesibilitas Baik

Menyinggung soal aksesibilitas, penggunaan fitur ini bisa diakses dengan mudah oleh penjual maupun pembeli. Bahkan penjual dan pembeli tidak harus menggunakan PC untuk mengakses live di Shopee.

BACA JUGA  10 Strategi Efektif Promosi Produk via Jasa Live Shopee

Hanya dengan smartphone yang ada di genggaman tangan saja, penjual maupun pembeli bisa menggunakan layanannya. Hal ini memungkinkan semua pihak yang terlibat di dalamnya bisa mengaksesnya dari manapun itu.

Hanya saja, dari manapun mengakses fitur live ini, pastikan perangkat sudah terhubung ke koneksi internet yang stabil. Hal ini karena fitur ini memang hanya bisa diakses dengan jaringan internet yang lancar.

Lalu untuk penjual maupun pembeli yang menggunakan PC dalam mengaksesnya, tentu tampilannya jadi terlihat lebih jelas. Tampilannya lebih lapang daripada mobile.

Meningkatkan Jumlah Penonton

Melalui live Shopee, penjual bisa meningkatkan jumlah penonton produknya. Jumlah penonton produk saat live dan biasa tentu berbeda.

Karena jumlah penontonnya lebih banyak saat live, maka memperbesar peluang untuk membeli produknya. Jumlah pembeli saat sesi live memang lebih membludak.

 

 

Rekomendasi Platform Kelas Online Berkualitas 

Terlihat jelas bahwa memanfaatkan jasa live mampu memberikan keuntungan tersendiri terkait bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, tidak perlu lagi untuk memanfaatkan jasanya sekarang juga.

Akan tetapi, jangan sembarangan dalam melakukan live. Melakukan live secara asal-asalan tentunya hasilnya juga tidak maksimal.

Menyadari hal itu, ikuti platform kelas online untuk menjadi jasa live terbaik dan terpercaya. Jasa live yang berkualitas tidak hanya memposisikan dirinya sebagai penjual saja.

Untuk mendongkrak angka penjualan dan mencuri perhatian penonton, jasa live berkualitas juga berperan sebagai sahabat. Hal inilah yang membuat penonton merasa lebih dekat dengan penjual lewat sesi live streaming.

Mengenai platform kelas online yang bisa diikuti, tidak lain adalah inovasi dari MEA Agency. MEA Agency menghadirkan platform kelas online bernama SkilSkul Academy.

Profil Singkat MEA Agency

Pebisnis perlu mengenal lebih dekat MEA Agency. Hal ini karena MEA Agency merupakan digital marketing agency yang fokus dalam mengembangkan bisnis wirausaha lewat berbagai jasa pemasaran online. 

Pemasarannya tidak hanya memanfaatkan marketplace saja, melainkan juga sosial media. Dalam menjalankan kinerjanya, MEA Agency mampu memberikan inovasi teknologi yang sesuai dengan keperluan atau kebutuhan pelaku usaha. 

Dengan demikian, pebisnis bisa mendapatkan solusi digital marketing yang tepat sasaran. Bisnis online yang dijalankan pun bisa terukur dan berkelanjutan.

Untuk membantu pebisnis, MEA Agency juga menghadirkan platform kelas online SkilSkul Academy. Lewat platform tersebut, perusahaan digital yang tumbuh secara progresif ini memungkinkan siapa saja untuk berbagi skill dan kemampuan.

Bukan hanya itu, siapa saja yang ikut bergabung ke dalam platform ini juga bisa mendapatkan penghasilan secara signifikan. Dalam menjalankan kinerjanya sebagai digital marketing agency, MEA menawarkan beragam jenis jasa dan produk.

Jenis-jenis tersebut seperti halnya jasa digital marketing, jasa e-commerce, jasa sosial media, affiliate marketing, hingga training. Menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan menggiurkan pun tidak lagi jadi beban bersama MEA Agency.

Alasan Harus Pilih MEA

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa harus memilih MEA ketika menjalankan bisnis dan ingin memanfaatkan jasa live Shopee. Adapun sejumlah alasannya iaalah sebagai berikut.

Berpengalaman

Salah satu alasannya yaitu MEA sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Tidak tanggung-tanggung karena pengalamannya sudah sejak tahun 2020 lalu.

Karena pengalaman tersebut, MEA sudah memiliki jam terbang tinggi. Pengalaman juga memungkinkan MEA tidak menemukan hambatan atau halangan ketika menjalankan kinerjanya.

Mengelola Lebih Dari 700 UMKM 

Kualitas layanan yang MEA miliki tak perlu diragukan lagi. Dengan kualitas menjanjikan, MEA sudah mengelola lebih dari 700 UMKM yang ada di Indonesia.

Hal ini memperlihatkan bahwa sudah ada banyak pebisnis yang mempercayakan lapaknya kepada MEA. Oleh karena itu, terasa sayang jika tidak ikut menggunakan layanannya.

Jenis Produk Beragam dan Berkualitas

Masih soal alasan kenapa perlu memilih MEA. Alasan tersebut berkaitan erat dengan jenis produknya.

MEA menawarkan jenis produk yang beragam dan pastinya berkualitas. Adapun salah satunya yaitu tools digital marketing.

BACA JUGA  Rahasia Sukses: Membangun Kehadiran Online yang Menguntungkan dengan Toko Online Shopee

Untuk jenis produk yang satu ini mencakup banyak hal. Mulai dari Gowebin, Sebari dan Shopeasytools.

Produk berikutnya ada platform edu-tech SkilSkul Academy. Cakupan platform ini sudah tidak kalah luas. Sebut saja mini workshop, webinar, workshop dan bootcamp.

Masih ada satu jenis produk utama lainnya yang MEA hadirkan. Produk tersebut yakni jasa digital marketing.

Produk jasa digital marketing ini meliputi jasa optimasi sosial media, affiliate marketing dan jasa optimasi marketplace. Ada juga jasa optimasi digital advertising.

Tiap jasa yang MEA tawarkan memiliki banyak pelanggan. Tak heran sebab layanannya memang bermutu tinggi dan ahli di bidangnya.

Aktif di Media Sosial 

Rupanya MEA juga aktif di media sosial. Keaktifannya bisa terlihat dari banyaknya konten edukasi sampai dengan hiburan yang terlihat di media sosial.

Adapun media sosialnya seperti halnya TikTok, YouTube dan Instagram. Semakin aktif karena juga menghadirkan konten artikel website.

Hal ini bisa menambah rasa yakin bahwa MEA memang spesialis digital marketing agency lewat sosial media. Hanya dengan mempercayakan kebutuhan marketing online kepada satu jasa saja, sudah bisa merasakan manfaatnya di semua sosial media yang dimiliki.

Aktif Mengedukasi Masyarakat 

MEA juga aktif mengedukasi masyarakat luas yang ada di Indonesia. Cara mengedukasinya lewat kerja sama dengan lembaga pendidikan SMA dan universitas hingga lembaga pemerintahan.

Hal ini memperlihatkan bentuk kepedulian MEA terhadap masyarakat luas terkait bisnisnya. Masyarakat pun bisa lebih maksimal dan lancar dalam menjalankan usahanya. Baik itu kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas sekalipun.

 

Kesimpulan

Menggunakan jasa live di Shopee dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Melalui fitur live, penjual dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli, membangun kedekatan, dan memberikan penjelasan mendetail tentang produk. 

Interaksi real-time ini menciptakan pengalaman yang lebih personal, mirip dengan belanja tatap muka, sehingga pembeli merasa lebih yakin dan tertarik untuk membeli. Manfaat lain termasuk peningkatan angka penjualan karena pembeli tertarik dengan penawaran khusus, seperti diskon atau cashback, yang sering diberikan selama sesi live.

Selain itu, live streaming juga memperluas jangkauan bisnis, karena dapat diakses oleh lebih banyak pengguna di berbagai lokasi tanpa memerlukan biaya operasional tinggi seperti sewa tempat. Fleksibilitas waktu menjadi nilai tambah, memungkinkan penjual mengatur waktu secara efisien. 

Live streaming juga mendukung pembentukan citra brand yang positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan memanfaatkan jasa live yang tepat dan berkualitas, bisnis dapat mencapai audiens lebih luas, meningkatkan citra brand, dan menciptakan hubungan pelanggan yang kuat, yang semuanya berkontribusi pada keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Dengan berbagai alasan di atas, tak perlu ragu memanfaatkan layanan dari MEA Agency. Bersama MEA, pebisnis bisa manfaatkan jasa live Shopee untuk raih keuntungan bisnis yang menjanjikan. Hubungi MEA Agency sekarang juga dan buktikan sendiri segudang keuntungannya. Bisnis pastinya bisa berkembang pesat.

FAQ

1. Apa itu jasa live Shopee?

Jasa live Shopee adalah layanan yang membantu penjual menggunakan fitur live streaming di Shopee untuk mempromosikan produk secara langsung dan interaktif kepada pembeli.

2. Bagaimana jasa live Shopee meningkatkan penjualan?

Dengan live streaming, penjual bisa berinteraksi langsung dengan pembeli, menjelaskan detail produk, menawarkan diskon, dan menjawab pertanyaan, sehingga lebih meyakinkan pembeli untuk membeli.

3. Apakah menggunakan jasa live Shopee bisa mendongkrak citra brand?

Ya, sesi live yang efektif dapat meningkatkan popularitas brand karena penjual dapat membangun loyalitas pelanggan dengan menjalin komunikasi yang baik dan responsif.

4. Apakah jasa live Shopee memerlukan biaya tinggi?

Tidak, live streaming di Shopee relatif efisien secara biaya, sehingga penjual bisa mempromosikan produk tanpa harus mengeluarkan biaya besar seperti penjualan langsung.

5. Apakah live Shopee bisa diakses melalui smartphone?

Ya, live Shopee dapat dilakukan dan diakses melalui smartphone, sehingga lebih praktis dan fleksibel untuk diakses dari mana saja.